Sambutlah senyum persahabatan saya :)
Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan ide-ide dan cerita saya. Bagi sahabat yang ingin share atau menitipkan sebait 'senyum'nya dipersilahkan...

Selasa, 15 Februari 2011

Everything is gonna be OK

14 feb 2011
 
Hari ini salah satu siswaku mencurahkan isi hatinya. dia bukan siswa yang cemerlang, bahkan bisa dikategorikan siswa malas. inilah cuplikan dialogku dengannya :

Aku (A) : "Kamu punya cita-cita, Nak?"
Beberapa saat dia terdiam. Hampir selalu seperti itu. jika aku bertanya kepada siswa-siswaku apa cita-cita mereka, mereka akan lama sekali menjawab. apa mereka tidak punya cita-cita? Lantas bagaimana mereka menyusun rencana masa depan mereka? :'(
Siswa (S) : "Ingin jadi orang kaya, Bu."
A : "Mengapa ingin jadi orang kaya?"
S : "Ya karena apa-apa enak, Bu."
A : "Maksudnya?"
S : "Mau apa tinggal ambil, bisa nyenengin orangtua."
A : "Trus, gimana kamu mewujudkannya?"
S : "Bekerjalah Bu."
A : "Kerja dengan orang?" Dia mengangguk. 
Begitu polos.
A : "Gimana bisa kaya kalau kerja dengan orang lain? Trus, nyenengin orang tua gimana maksud kamu?
S : "Saya anak ke-6 dari 8 bersaudara, Bu. Ibu saya menikah dua kali. dan sekarang ayah saya dua-duanya sudah meninggal. Mamak saya tinggal sama kakak di Medan. Saya tinggal sama abang saya di sini -batu bara-. Sedih bu tinggal dengan orang lain."
A : "Orang lain? Abang kandung kamu bilang orang lain?"
S : "Iya, abang saya memang, Bu. Tapi istrinya tidak suka melihat saya, tiap hari dia memarahi saya, dianggapnya saya beban bagi dia. padahal saya sudah membantu dia. memasukkan dagangannya. dia kan bedagang makanan, Bu. pernah saya lari, Bu. tidak tahan saya mendengar omelannya."
A : "Abang kamu bilang apa?"
S : "Diam aja. Dia lebih cinta istrinya daripada saya. Lain lagi mamak saya, Bu. walaupun tinggal sama kakak saya. tetap aja membantu di rumah itu. kasihan saya."
...
Hm... Di zaman yang serba cepat dan terbuka ini, masih ada secuil kisah klasik dari kemiskinan yang menorehkan luka bagi seorang anak bangsa. Siapapun engkau, dimanapun keberadaanmu, kapanpun itu jika diberikan amanah, LAKSANAKANlah dengan penuh kelembutan cinta dan tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar